Pelatihan dan Pendampingan UKM Kelompok Tenun Ikat Tunfeu dalam Pengelolaan Model Pemasaran Berbasis Digital

Authors

  • Vinsensia O. Mogi Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Tirvan Markus Panie Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Apryanus Fallo Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Paskalis Seran Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Selfiana Goetha MANAJEMEN UNWIRA KUPANG

DOI:

https://doi.org/10.31294/abdiekbis.v5i1.3548

Keywords:

Digital;, Model Pemasaran;, Pelatihan;, Pendampingan;, Tenun Ikat;

Abstract

Kelompok tenun ikat  desa Oemasi terkumpul dalam kelompok Tenun Ikat Tunfeu yang terdiri dari ibu – ibu penenun. Terdapat dua jenis kain tenun yang dihasilkan seperti selendang (sotis) dan sarung(futus). Dalam proses pemasaran kain tenun, mayoritas pengrajin tenun ikat masih bergantung pada komunikasi dari mulut ke mulut, sehingga tidak terlalu dikenal oleh masyarakat luas, hal ini membuat tingkat penjualan kain tenun tidak mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Padahal kain tenun merupakan produk unggulan kearifan lokal dan menjadi salah satu identitas budaya. Dalam menjawab solusi permasalahan maka tim pengabdian melakukan pelatihan dan pendampingan kepada kelompok ibu – ibu penenun Tunfeu. Metode yang digunakan adalah Focused Group Discussion, tanya jawab, demonstrasi dan latihan/praktik baik kelompok maupun individu serta diskusi. Beberapa tahap yang dilakukan adalah tahap wawancara awal, tahap persiapan,  tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang pemasaran berbasis online atau melalui media sosial. Hasil evaluasi kegiatan pelatihan dan pendampingan menunjukan jumlah penjualan tenun yang meningkat 25,5 %. Meskipun belum berdampak signifikan namun hal ini dapat menjadi acuan bagi Tenun Ikat Tunfeu untuk berani mengembangkan strategi pemasran.

References

Ainun, A., & Suherman. (2020). Transformasi UMKM: Pendampingan Pemasaran Dan Teknologi Untuk Pertumbuhan Ekonomi Lokal. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 04(01).

Aisyah, S., & Rachmadi, K. R. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku Umkm Guna Peningkatan Pendapatan. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 442–448. Https://Doi.Org/10.46576/Rjpkm.V3i2.1866

Goetha, S., Nay, Y. A., Lejap, H. H. T., & Fallo, A. (2024). Pelatihan Aplikasi Akuntansi Dan Promosi Pada Koperasi Kredit St. Petrus Rasul Tuak Daun Merah Tuak Daun Merah Kota Kupang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 05.

Goetha, S., Neno, M. S., & Makandolu, S. M. (2024). Pelatihan Kewirausahaan Dan Promosi Berbasis Digital Bagi Kelompok Tani Desa Oeltua. 8(1).

Hendrati, I. M., Wardhani, N. I. K., & Fitrianto, A. R. (2022). Modernisasi Kain Ikat Kontemporer Galuh Surabayan Dalam Pengembangan Pariwisata Di Kota Surabaya.

Irawan, D., Yulianingrum, R., & Putra, R. (2021). Deseminasi Mesin Pewarna Tekstil Untuk Meningkatkan Kuantitas Kain Tenun Ikat Bagi Home Industri Di Kota Kediri. 4(3).

Ismanto, H., Tamrin, M. H., & Edward, M. Y. (2020). Pendampingan UKM Tenun Ikat Troso Dalam Pengelolaan Model Pemasaran Berbasis Online. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 87. Https://Doi.Org/10.26877/E-Dimas.V11i1.2744

Kiha, E. K., Lika, E., & Timo, F. (2023). Pendampingan Pengrajin Tenun Kasih Bunda Di Desa Lapeom Kecamatan Insana Barat Untuk Meningkatkan Produksi Khas NTT Berbasis Online. Jurnal Pelayanan Hubungan Masyarakat, 01(04). Https://Doi.Org/10.59581/Jphm-Widyakarya.V1i3.1797

Musyrifah, M., Tanniewa, A. M., & Saal, A. (2023). Pengembangan Etalase Digital Sebagai Media Promosi Kain Tenun Sekomandi. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(4), 796–802. Https://Doi.Org/10.26877/E-Dimas.V14i4.16709

Nugraha, R. K., Novandi, T., Wardhana, W. A., Sembodho, G. B., & Santoso, S. (2022). Analisis Strategi Pengembangan Kain Tenun Ikat Sumba Oleh Pelaku Kriya Dan Komunitas. Jurnal Pengabdian Seni, 3(1), 73–82. Https://Doi.Org/10.24821/Jps.V3i1.5233

Siti Chotijah, Indiyati, D., & Hadi, A. Purbhatin. (2021). Pelatihan Pembuatan Infografis Sebagai Konten Komunikasi Media Sosial Bidang Pariwisata Dan Ekraf. Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram, 03(01).

Suriyani, A., Saleh, S., & Akhmad. (2023). Program Inovasi Bina Manusia Dalam Pemberdayaan Kelompok Penenun Di Sentra Tenun Ikat Jata Kapa Kabupaten Sikka Nusa Tenggara Timur. Jurnal Mirai Management.

Taolin, M. L., Aziz, S., Manane, D. R., Aksa, A. F., & Bani, M. P. (2023). Pendampingan Dan Pemasaran Kelompok Tenun Ikat Insana. Jurnal Umum Pengabdian Masyarakat, 2(2), 38–41. Https://Doi.Org/10.58290/Jupemas.V2i2.116

Telegawati, N. L. W. S. (2017). Pelatihan Dan Pendampingan Manajemen Usaha Kelompok Perajin Tenun Endek Di Desa Sulang Klungkung. Proceeding TEAM, 2, 687. Https://Doi.Org/10.23887/Team.Vol2.2017.208

Tsang, F. J., & Adindarena, V. D. (2022). Ksplorasi Penggunaan Media Sosial Sebagai Promosi Produk (Studi Pada Usaha Tenun Ikat Kambera Di Kelurahan Lambanapu). Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 02(02).

Utami, N. A. (2018). Tenun Ikat Amarasi Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur. 07.

Downloads

Published

2025-04-21

How to Cite

Mogi, V. O., Panie, T. M., Fallo, A., Seran, P., & Goetha, S. (2025). Pelatihan dan Pendampingan UKM Kelompok Tenun Ikat Tunfeu dalam Pengelolaan Model Pemasaran Berbasis Digital. Jurnal Abdimas Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 1-8. https://doi.org/10.31294/abdiekbis.v5i1.3548