Pemanfaatan Aplikasi ELSA Speak dalam Peningkatan Kemampuan Pengucapan pada Siswa SMP di Kalideres

Authors

  • Rizky Mirani Desi Pratama Universitas Bina Sarana Informatika
  • Dwi Puji Hastuti Universitas Bina Sarana Informatika
  • Dina Purnamasari Universitas Bina Sarana Informatika
  • Fadilah Universitas Bina Sarana Informatika

Keywords:

Pronunciation, English, ELSA Speak, Artificial Intelegence

Abstract

The most challenging language element for students is pronunciation. Pronunciation or pronunciation is considered to be one of the factors in a person's success in speaking skills. The importance of pronunciation makes students experience difficulty in mastering it. Therefore, the aim of this community service activity is to provide an interactive and fun method for learning pronunciation skills, namely the ELSA Speak application. This community service activity was carried out at Hall RW 008 Kampung Buaran, Kalideres, West Jakarta. Participants in this activity are junior high school students who live in RW 008 Kampung Buaran, Kalideres, West Jakarta. A total of 25 students participated in this activity. The author used a pre-test and post-test to determine the effectiveness of using the ELSA Speak application. Data is collected through tests, questionnaires and interviews to assess students' abilities and perceptions. The results show that the ELSA Speak application is effective in improving pronunciation, as shown by the scoring of the application which is higher in the post-test compared to the pre-test. In addition, questionnaire responses strongly indicate that students consider the ELSA Speak app to be an effective method for learning pronunciation. The ELSA Speak application can help students when practicing pronunciation compared to their previous abilities.

Elemen bahasa yang paling menantang bagi siswa adalah pengucapan. Pengucapan atau pronunciation dinilai  menjadi salah satu faktor kesuksesan seseorang dalam keterampilan berbicara. Pentingnya pengucapan membuat siswa mengalami kesulitan dalam menguasainya. Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk menyuguhkan metode yang interaktif dan menyenangkan dalam mempelajari keterampilan pengucapan yaitu aplikasi ELSA Speak. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Balai RW 008 Kampung Buaran, Kalideres, Jakarta Barat. Peserta kegiatan ini adalah siswa SMP yang tinggal di lingkungan RW 008 Kampung Buaran, Kalideres, Jakarta Barat. Sebanyak 25 siswa berpartisipasi dalam kegiatan ini. Penulis menggunakan pre-test dan post-test untuk mengetahui keefektifan penggunaan aplikasi ELSA Speak. Data dikumpulkan melalui tes, kuesioner, dan wawancara untuk menilai kemampuan dan persepsi siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa aplikasi ELSA Speak efektif dalam meningkatkan pengucapan, seperti yang ditunjukkan oleh score assessment pada aplikasi yang lebih tinggi pada post-test dibandingkan dengan pre-test. Selain itu, tanggapan kuesioner dengan kuat menunjukkan bahwa siswa menganggap aplikasi ELSA Speak sebagai metode yang efektif untuk belajar pengucapan. Aplikasi ELSA Speak dapat membantu siswa ketika berlatih pengucapan dibandingkan dengan kemampuan mereka sebelumnya.

Downloads

Published

2024-12-18