Peningkatan Konten Promosi Digital pada Usaha Alanaya Bakery dengan Aplikasi Capcut

Authors

  • Indah Permatasari Universitas Indo Global Mandiri
  • Evi Yulianti Universitas Indo Global Mandiri
  • Mustafa Ramadhan Universitas Indo Global Mandiri
  • Muhammad Ikhwan Jambak Universitas Indo Global Mandiri

Keywords:

Penggunaan Aplikasi Capcut, Optimalisasi Media Sosial, Pelatihan Digital Marketing

Abstract

Alanaya Bakery, sebuah usaha mikro yang bergerak di bidang kuliner, menghadapi tantangan dalam mempromosikan produk-produknya secara efektif di era digital. Saat ini, media promosi yang digunakan oleh mitra adalah status WhatsApp, sementara akun Facebook yang dimiliki belum dikelola dengan baik. Keterbatasan dalam pembuatan konten promosi digital menjadi salah satu hambatan utama yang mempengaruhi jangkauan pasar dan daya saing usaha ini. Berdasarkan analisis situasi, program pelatihan yang mengintegrasikan teknologi informasi dalam strategi pemasaran dianggap sebagai solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mitra dalam pembuatan konten promosi digital melalui pelatihan penggunaan aplikasi Capcut. Solusi yang ditawarkan meliputi beberapa tahap, yang dimulai dengan pelatihan intensif tentang pengeditan video menggunakan aplikasi Capcut. Hasil evaluasi kinerja pasca pelatihan, terlihat adanya peningkatan signifikan dalam brand awareness dan brand preferences dari pelanggan setelah melihat video promosi yang dihasilkan oleh Alanaya Bakery. Survei yang dilakukan sebelum dan sesudah pelatihan menunjukkan peningkatan brand awareness dari 40% menjadi 80%, serta peningkatan brand preferences dari 33% menjadi 80%. Hal ini menunjukkan bahwa solusi yang ditawarkan relevan dan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan bisnis Alanaya Bakery. Program ini tidak hanya memberikan solusi jangka pendek, tetapi juga membangun fondasi untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, melalui pengembangan kapasitas teknologi informasi dan promosi digital terutama bagi usaha rumahan Alanaya Bakery.

References

Aulia, A., Gitasiswara, & Sudono, A. (2023). The Effect of Brand Activation on Brand Awareness. Journal of Economics Review (JOER), 3(1), 57–64. https://doi.org/10.55098/joer.3.1.57-64

Bangun, C. S., & Purnama, S. (2022). Optimalisasi Pemanfaatan Digital Marketing untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 89–98. https://doi.org/10.34306/adimas.v3i2.826

Digdowiseiso, K., & Ria, R. (2024). Pengenalan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM di Kelurahan Jatisampurna Kota Bekasi. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(1), 608–620. https://jabb.lppmbinabangsa.id/index.php/jabb/article/view/452

Heribertus, A. S., Sardiarinto, Nugroho, W., & Perbawa, D. S. (2024). Penggunaan Aplikasi CapCut Untuk Menghasilkan Konten Video Kreatif Bagi Para Santri. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN, 5(2), 1841–1848. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/3171

Holisah, H., Atikah, C., & Rusdiyani, I. (2023). Development of Capcut Application in Natural and Social Science Learning for Elementary School. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 5(2), 271–292. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v5i2.2870

Maharani, N. P., & Iswati. (2024). Analisi SWOT sebagai Evaluasi Strategi Bisnis pada Industri Mebel UD Karya Sejati Desa Balongpanggang Kabupaten Gresik. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 7(3). https://ejournal.warunayama.org/index.php/musytarineraca/article/view/4895

Maytanius, J., Leonardo, Wahyudi, H., Kelvin, Lim, R., & Sentoso, A. (2023). Analisis Digital Marketing UMKM Creativ. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(2), 1563–1567. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/1090

Mukhlasin, A., & Pasaribu, M. H. (2020). Analisis Swot dalam Membuat Keputusan dan Mengambil Kebijakan Yang Tepat. Invention: Journal Research and Education Studies, 1(1), 33–44. https://doi.org/10.51178/invention.v1i1.19

Pahmi, P., Liping Deng, & Marissa Syafwin. (2022). Using the Capcut Application as A Learning Media. Journal International Inspire Education Technology, 1(1), 40–51. https://doi.org/10.55849/jiiet.v1i1.37

Permatasari, I., Sartika, D., & Saluza, I. (2023). Workshop Membuat Dan Menggungah Video Pembelajaran Secara Online Bagi Para Guru SMP Negeri 30 Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 6(3), 186–191. https://doi.org/10.36982/jam.v6i3.2710

Permatasari, I., Sartika, D., Saluza, I., & Roswaty, R. (2023). Strategi Produk Dengan Pelatihan Pengemasan Produk Pada Kelompok Usaha Keripik Singkong RK. Jurnal Abdimas Mandiri, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.36982/jam.v7i1.2914

Saluza, I., Sartika, D., Roswaty, R., & Permatasari, I. (2023). Eksplorasi Pemanfaatan Social Advertising Sebagai Media Marketing Dalam Promosi Produk. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1173–1181. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.3131

Sartika, D., Saluza, I., Permatasari, I., & Yulius, Y. (2022). Workshop Editing Video Pembelajaran Pada SMP Negeri 30 Palembang. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(3), 297–303. https://doi.org/10.36312/linov.v7i3.817

Sartika, D., Saluza, I., & Roswaty. (2020). Penerapan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Sebagai Strategi Pemasaran Produk Gulo Puan Desa Bangsal. Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 3(2), 47–54. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/aptekmas/article/view/2058

Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., & Latifah, R. N. (2024). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production, 2(1), 109–118. https://doi.org/10.57235/mantap.v2i1.1592

Sudarto, H. P. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1), 82–86.

Syamsuddin, N. B., Tahir, H., Syamsunir, S., Hasanuddin, H., & Hermansyah, S. (2023). Influence of the CapCut Application on the ICT Learning Performance. Research Horizon, 3(4), 300. https://journal.lifescifi.com/index.php/RH/article/view/140

Wahyujati, B. B. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Pembuatan Media Video Pembelajaran Interaktif Menggunakan Ms Power Point. Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 94–99. https://doi.org/10.24071/aa.v4i2.3641

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Permatasari, I., Yulianti, E., Ramadhan, M., & Jambak, M. I. . (2025). Peningkatan Konten Promosi Digital pada Usaha Alanaya Bakery dengan Aplikasi Capcut. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 25-33. Retrieved from http://eprints.bsi.ac.id/index.php/abdimas/article/view/5655