Peningkatan Daya Saing Produk UMKM Sampurna Jaya Desa Sidapurna Melalui Pelatihan Branding dan Packaging
Keywords:
UMKM, Branding, Packaging, Pengabdian MasyarakatAbstract
UMKM Sampurna Jaya merupakan kumpulan usaha mikro, kecil, dan menengah yang berlokasi di Desa Sidapurna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Meski memiliki potensi produk yang menjanjikan, terutama di sektor makanan dan minuman, UMKM Sampurna Jaya menghadapi beberapa kendala seperti kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam branding produk, kemasan yang kurang menarik, kesulitan meningkatkan daya saing produk, minimnya inovasi, serta akses terbatas pada informasi dan pelatihan mengenai branding dan packaging. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diusulkan solusi berupa kegiatan sosialisasi dan pelatihan branding serta packaging produk. Tujuannya agar UMKM dapat memahami konsep branding yang baik, merancang identitas merek yang konsisten, serta menghasilkan kemasan yang menarik dan sesuai tren pasar saat ini. Selain itu, direncanakan pula pelatihan pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan penjualan dan memberikan pemahaman tentang pentingnya riset dan pengembangan serta manajemen waktu dalam berwirausaha. Kegiatan pengabdian masyarakat ini telah dilaksanakan dengan metode sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan oleh tim dosen dan mahasiswa dari Universitas Bina Sarana Informatika Tegal. Hasil dari pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan meliputi peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan kualitas produk UMKM Sampurna Jaya Desa Sidapurna.
References
Afdhal, M., Prawiro, R., & Fenia, S. Z. (2022). Sosialisasi Penggunaan Media Sosial Tiktok Untuk Meningkatkan Penjualan di Kampung Akrilik Padang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dharma Andalas, 1(1), 102–107. https://doi.org/10.47233/jpmda.v1i1.544
Clinton, Y. A., & Vanomy, A. E. (2023). Pengembangan UMKM Kuliner di Kota Batam melalui Transformasi ke Platform Digital di Era Revolusi Industri 4.0. Fortunate, 3(1), 25-55. https://journal.uvers.ac.id/index.php/fbr/article/view/149
Fajri, A. (2021). Peran Kewirausahaan dalam Pembangunan Ekonomi. Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 7(2), 2548–5911. https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/iqtishodiyah/article/view/619
Firmando, H. B. (2021). Pemanfaatan Modal Sosial dalam Pengembangan Sektor Perdagangan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi di Tapanuli Utara). At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, 6(1), 107–131. http://dx.doi.org/10.30829/ajei.v6i1.8780
Firmansyah, K., Fadhli, K., Noviandy, I. A., Rini, S. (2020). Pengenalan Media Sosial dan E-Commerce sebagai Media Pemasaran serta Pengemasan Frozen Food. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 43–48. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/1036
Hanggraito, A. A., Wiratama, A. S., & Saifuddien, R. A. (2020). Alternatif Strategi Bauran Pemasaran 7P Museum Batik Yogyakarta. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas dan Perjalanan, 4(2), 72–83. https://doi.org/10.34013/jk.v4i2.50
Herianti, H., Siradjuddin, S., & Efendi, A. (2023). Industri Halal Fashion dari Perspektif dan Perkembangannya di Indonesia. Indonesia Journal of Halal, 6(2), 56–64. https://doi.org/10.14710/halal.v6i2.19249
Jupri, A., Herlembang, B., Ariyansyah, J. A. M., Anggari, Y. I. B., Rozi, T., & Prasdyai, E. S. (2021). Pendampingan Branding Packaging dan Digital Marketing pada Produk UMKM Keripik Talas di Lingkungan Bagek Longgek, Kelurahan Rakam. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3). 162-166. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.931
Leonita, E., & Jalinus, N. (2018). Peran Media Sosial Dalam Upaya Promosi Kesehatan: Tinjauan Literatur. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 25–34. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i2.261
Lazuarni, S., Roswaty, R., Syafitri, L., Ramadhanty, D. N., & Barika, Z. (2024). Pelatihan Desain Packaging sebagai Strategi Meningkatkan Daya Tarik dan Branding UMKM Lokal. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 375–382. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i1.4125
Nurharjadmo, W., Khadija, M. A., & Usman, I. L. (2023). Content Management System Opencart untuk Mendukung Smart Branding Bisnis Kosmetik. NOCTIS: Jurnal Kajian dan Analisis Industri Kreatif, 2(1), 30–41. https://journal.uns.ac.id/index.php/noctis/article/view/971
Pasaribu, M. K., Larasati, A. N., Siahaan, D. F., & Manik, B. (2023). Upaya Peningkatan Penjualan pada UMKM Tahu Sumedang Putri Deli Medan melalui Kemasan Ramah Lingkungan dan Strategi Digital Marketing. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 57–67. https://doi.org/10.53299/bajpm.v3i1.275
Probowati, K. (2021). Pengembangan Produk UMKM melalui Desain Kemasan dan Brand. Distingsi.com: Menyajikan Fakta dalam Data. https://distingsi.com/pengembangan-prodak-umkm-melalui-desain-kemasan-dan-brand/
Rosyida, R. H. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Desain Produk, dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing pada PT Paragon Technology and Innovation di Yogyakarta. Dspace UII. https: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/38901
Saputra, I. M. A. B., Gautama, I. M. B., Pramitaresthi, I. G. A., Setyaningrum, K. P., Widyawati, K. A., Trinadi, N. K. A., Devi, N. L. P. S., Putra, P. M., Bramanta, I. G. N. A.B., Meilyanjani, N. P. G., Adhityasaputra, I. K. W., ADH, I. P. W., & Arsa, I. G. N. W. (2022). Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Serta Penyebaran Informasi di Desa Dalang. Journal of Community Development, 3(2), 119–126. https://doi.org/10.47134/comdev.v3i2.75
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fanny Fatma Wati, Nadiyah Hidayati, Mawadatul Maulidah, Siti Khalimah, Galih Praditya Nugraha
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.