Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Fungsionalitas Media Sosial Pada Pengurus dan Anggota Karang Taruna Kel. Kebon Bawang Jakarta Utara
DOI:
https://doi.org/10.31294/abditeknika.v1i2.380Keywords:
Canva Platform, Desain grafis, Penggunaan CanvaAbstract
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan dan memberikan pembelajaran penggunaan aplikasi Canva kepada generasi muda, khususnya Karang Taruna Kelurahan Kebon Bawang Jakarta Utara. Canva adalah salah satu platform desain grafis yang digunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen dan konten visual lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan beragam contoh desain untuk digunakan. Canva terdiri dari dua jenis layanan, yakni gratis dan berbayar. Selain itu Canva juga dapat diakses melalui perangkat desktop maupun mobile. Ada berbagai macam desain yang bisa diciptakan dengannya, seperti : Logo, Poster, Banner Iklan, Invoice, Desain Kemasan Produk, Thumbnail Youtube, Infografik, Newsletter, Featured Image Blog dan Konten Media Sosial. Cara mengakses Canva melalui website dengan membuka laman https:www.canva.com. Dalam pelaksanaan pengabdian Masyrakat yang pelaksanaan dilakukan dengan menggunakan metode zoom, digunakan untuk memetakan sejauh mana pengenalan dan penggunann Canva. Hasil akhir dari kegiatan ini peserta mempunyai gambaran penggunaan Canva dan diharapkan bisa mengaplikasannya dengan baik.
References
Arif, M. R., Adi, A. S., & Remaja, P. P. (2014). Abstrak. 1.
Gata, G., Imelda, I., Yuliazmi, Y., & Siswanto, S. (2020). Pelatihan Pengelolaan Blog Untuk Remaja Di RPTRA Manunggal Kelurahan Petukangan Selatan. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 39–44. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i1.6706
Haryani, H., Oktiani, N., Kuspriyono, T., & Akil, I. (2021). Sistem Pengelolaan E-Commerce (SisPEC) Produk Adpers Art Community Kelurahan Sukatani Kecamatan Tapos Depok. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 31–37. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.7929
Mulyani, Y. S., Wibisono, T., Alawiyah, T., & Warnilah, A. I. (2019). Pelatihan Komputer Dasar Untuk Mendukung Proses Kegiatan Belajar Mengajar (Kbm) Bagi Guru-Guru Ra/Tpq/Dta Al-Ishlaah Kota Tasikmalaya. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 234–240. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.5768
Muslam, M., Fatkuroji, F., & Muntoli’ah, M. (2016). Pemberdayaan Pemuda Karang Taruna Melalui Program Remaja Pintar Berbasis Agama Desa Wisata Kandri Kota Semarang. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 16(1), 145. https://doi.org/10.21580/dms.2016.161.896
Provinsi, G., Khusus, D., & Jakarta, I. (2012). Ta~lIn 2005. 1–12.
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.
Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983
Wulandari, O. A. D., Barokah, S., Azhar, N. Al, & Ghazali, H. Al. (2021). Penerapan Fintech Dengan Aplikasi Ovo Sebagai Digital Payment Bagi Ibu – Ibu PKK Rt 02/Rw 04 Di Dukuhwaluh Purwokerto. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.6979
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Yuli Komalasari, Muhammad Muharrom, Achmad Sumbaryadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.