Digitalisasi Pemasaran Produk Olahan Singkong Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Pada Rumah Singkong Niknok Depok

Authors

  • Dewi Ayu Nur Wulandari Universitas Bina Sarana Informatika
  • Sunarti Sunarti Universitas Bina Sarana Informatika
  • Taat Kuspriyono Universitas Bina Sarana Informatika
  • Hana Dwi Lestari Universitas Bina Sarana Informatika
  • Nur Alliza Pramudya Resita Hanum Universitas Bina Sarana Informatika
  • Anjelika Maulida Universitas Bina Sarana Informatika
  • David Eko Octavian Bay Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/abditeknika.v4i2.4650

Keywords:

Digitalisasi pemasaran, Produk olahan singkong, E-Commerce

Abstract

Digitalisasi telah menjadi faktor penting dalam meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam pemasaran produk-produk lokal. Mitra kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Rumah Singkong Niknok Depok dengan fokus pada digitalisasi pemasaran produk olahan singkong untuk meningkatkan penjualan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengintegrasikan teknologi digital dalam strategi Pemasaran dengan menggunakan aplikasi e-commerce untuk memperluas jangkauan pasar dan memperkenalkan produk olahan singkong secara lebih efektif kepada konsumen potensial. Metode yang digunakan meliputi pelatihan kepada pemilik usaha dalam menggunakan aplikasi e-commerce untuk meningkatkan penjualan. Hasil pengabdian ini menunjukkan peningkatan pengetahuan dari mitra terhadap penggunaan aplikasi e-commerce https://singkongniknok.com. Implikasi dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah bahwa digitalisasi dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan daya saing produk olahan lokal di pasar yang semakin kompetitif secara global.

 

Digitalization has become an important factor in increasing the efficiency and accessibility of various aspects of life, including the marketing of local products. The partner for this community service activity is Rumah Singkong Niknok Depok, which focuses on digitalizing the marketing of processed cassava products to increase sales. The objective of this activity is to integrate digital technology into marketing strategies by using e-commerce applications to expand market reach and more effectively introduce processed cassava products to potential consumers. The methodology used includes training business owners in the use of e-commerce applications to increase sales. The results of this service show an increase in the partners' knowledge of how to use the e-commerce application https://singkongniknok.com. This community service activity implies that digitalization can be an effective tool to increase the competitiveness of locally processed products in an increasingly competitive global market. The research results show that the sales website is able to increase market reach, speed up the transaction process, and improve the digital skills of Niknok cassava house partners, which ultimately contributes to increasing business competitiveness in the digital era.

References

Apriani A, Al Faruq Abdullah dan Wenny Desty Febrian Universitas Dian Nusantara Tanjung Duren Barat II No MJ, Jakarta Barat G. 2023. Digitalisasi Umkm Dengan Mengadopsi E-Commerce: Intention To Buy Online Melalui Sikap (A Proposed Study). Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi STI&K (SeNTIK). 7(1).

Astuti RP, Kartono K, Rahmadi R. 2020. Pengembangan UMKM melalui Digitalisasi Tekonolgi dan Integrasi Akses Permodalan. ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. 8(2). doi:10.29313/ethos.v8i2.5764.

Basri N, Sarjan M, Tamin R. 2020. Sistem Informasi Pencatatan Penjualan Berbasis Website Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Kopra Desa Lampoko Kabupaten Polewali Mandar. Journal Peqguruang: Conference Series. 2(1):26. doi:10.35329/jp.v2i1.1356.

Alwendi. 2020. Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Manajemen Bisnis. 17(3):317–325. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/.

Dwi Wijanarko K, Indah Sugiarti M, Ifan Erdiyansyah M. 2022. Pemanfaatan Digital Marketing Dan Penerapan Branding Kemasan Dalam Pengembangan Umkm Kripik Tempe Saginah Desa Suwawal. Maret. 1(1):89–94.

Irianto H, Viesta A Dela, Nugroho AT, Wahyuni T, Prabowo WC, Hamid IN, Anufah TN, Permatasari HI, Salsabila A, Sofyana S, et al. 2023. Digitalisasi UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Online di Desa Tengklik. Journal of Cooperative, Small and Medium Enterprise Development. 1(2):60. doi:10.20961/cosmed.v1i2.66865.

Kurnyasih A, Syahbudi M. 2023. Pengaruh E-commerce dalam Memajukan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kota Binjai Tahun 2022. 4(2):291.

Kuspriyono T, Ramadhayanti A. 2021. Strategi promosi kreatif dan strategi pemasaran inteksin dalam meningkatkan penjualan. Volume ke-18. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/Akuntabel.

Setiawan Y. 2023. Digitalisasi Umkm Melalui E-Commerce Sebagai Peningkatan Pendapatan Nasional. Jurnal Manajemen USNI. 7(2). doi:10.54964/manajemen.

Sunarti, Wulandari DAN, Kuspriyono T, Ardana M, Yusuf GF, Anwar S, Syam A. 2023. Peningkatan Manajemen Usaha Olahan Belimbing Berbasis Digital Marketing Pada Umkm Rasadewa Indonesia Depok. Jurnal Terapan Abdimas. 8(2):269–275. https://rasadewa.id/.

Sunarti, Wulandari DAN, Kuspriyono T, Salvana AD, Nisa NA, Anwar S, Fatiha SL, Rahmawati L. 2022. Pelatihan Website E-Commerce Untuk Peningkatan Pendapatan Budidaya Aglonema Pada Hend’z Florist Aglonemasawangan Depok. Jurnal Terapan Abdimas. 7(2):259–264.

Downloads

Published

2024-09-02

How to Cite

Wulandari, D. A. N., Sunarti, S., Kuspriyono, T., Lestari, H. D., Hanum, N. A. P. R., Maulida, A., & Bay, D. E. O. (2024). Digitalisasi Pemasaran Produk Olahan Singkong Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Pada Rumah Singkong Niknok Depok. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 82-89. https://doi.org/10.31294/abditeknika.v4i2.4650

Issue

Section

Articles