Optimasi Kinerja Organisasi Karang Taruna Melalui Penerapan Teknologi Kecerdasan Buatan Artificial Intelligent

Authors

  • Sucitra Sahara Sahara Universitas Bina Sarana Informatika
  • Reni Widyastuti Universitas Bina Sarana Informatika
  • Mely Mailasari Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ari Puspita Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/dharma.v1i2.3463

Keywords:

Artificial Intelligence, Performance Optimization, Karang Taruna Organization

Abstract

Pada Program Kerja Karang Taruna Tegal Parang Jakarta Selatan selama ini belum terlaksana secara optimal dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat karena kurangnya sosialisasi, dokumentasi kegiatan yang sudah terjadi sehingga terkadang program tidak terealisasikan dengan baik. Pengabdian kali ini akan mengadakan pelatihan memberikan pengetahuan dasar mengenai kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI) serta merangsang minat peserta dalam bidang teknologi AI yang berkembang pesat. Tujuan pengabdian ini adalah agar pengurus Karang Taruna lebih mudah dalam mensosialisasikan program kerja kepada masyarakat. Lokakarya Pengenalan Dasar AI untuk Generasi Muda ini berperan sebagai langkah awal dalam mempersiapkan organisasi Karang Taruna Tegal Parang, Jakarta Selatan, untuk menghadapi perubahan teknologi yang cepat, sambil membuka peluang untuk menciptakan inovasi dan pertumbuhan yang berkelanjutan dalam era AI. Serta memberikan pelatihan berupa pemanfaatan Artificial Intelligent (AI) dalam pembuatan Iklan Layanan masyarakat yang berfungsi mengajak masyarakat agar peduli untuk lingkungan di wilayah RW.05 Tegal Parang Pancoran dengan cara penyampaian yang menarik yaitu berupa Storytelling

References

Lainsamputty, G.,&Lumintang, E.J. (2019). Kajian Pemuda Karang Taruna Dalam Meningkatkan Pembangunan Masyarakat di Desa Soakonora Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera. Holistik,12(2), 1-20.

Haikal A, Gunadi AN, Mawardi VC. (2023). Penggunaan AI Tools untuk Meningkatkan Kualitas Sosial Media Umkm Artree. Vol. 6.

Adhi Pramono S, Sri Wahyuningsih E, Bayuaji Sanggoro H, Yulianto P, Darmawan N. 2023. Pelatihan Online Pembuatan Iklan Layanan Masyarakat bagi Karang Taruna dengan Software Adobe Photoshop. Vol. 1, SABAJAYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.

Prasetyawati A. 2021. Digital Storytelling Kok Bisa?: Mengubah Keberlimpahan Informasi menjadi Konten Edukasi Digital Storytelling Kok Bisa?: Turning Abundance of Information into Educational Content. Vol. 22, Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi.

Hafiizh Tantri A, Akmal Fijar Riyadi M, Wanabil N. 2022. Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Indonesia: Sebuah Tinjauan Pustaka Sistematis. Notasi. 1(2):21–8.

Misnawati M. 2023. ChatGPT: Keuntungan, Risiko, Dan Penggunaan Bijak Dalam Era Kecerdasan Buatan. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya (Mateandrau). p. 192–9.

Sindar Ros Maryana Sinaga A, Marbun M, Samuel Sitio A. (2022). Pengembangan Website Karang Taruna Pemuda Pemudi Sejati Jambur Pulau Sebagai Media Promosi Produk Desa Berbasis Kecerdasan Buatan. Abdimas Univers. 4(2):306–13.

Santo Gitakarma M, Putu Ary Sri Tjahyanti L. 2022. Peranan Internet of Things Dan Kecerdasan Buatan Dalam Teknologi Saat Ini. J Komput dan Teknol Sains. 1(1):1–8

Suprayogi S, Puspita D, Putra EAD, Mulia MR. (2022). Pelatihan Wawancara Kerja Bagi Anggota Karang Taruna Satya Wira Bhakti Lampung Timur. Community Dev J J Pengabdi Masy. 3(1):356–63

Downloads

Published

2024-07-26

How to Cite

Sahara, S. S., Reni Widyastuti, Mely Mailasari, & Ari Puspita. (2024). Optimasi Kinerja Organisasi Karang Taruna Melalui Penerapan Teknologi Kecerdasan Buatan Artificial Intelligent . Dharma: Bogor Journal of Community Service, 1(2), 13-18. https://doi.org/10.31294/dharma.v1i2.3463

Issue

Section

Articles