Menciptakan Generasi Emas Melalui Pendidikan Karakter

Authors

  • Susan Rachmawati Universitas Bina Sarana Informatika
  • Eigis Yani Pramularso Universitas Bina Sarana Informatika
  • Imelda Sari Universitas Bina Sarana Informatika
  • Dedy Syahyuni Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/dharma.v1i2.5030

Keywords:

Pelatihan, Pendidikan Karakter, Generasi Emas

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari mulai dari lingkungan keluarga, masyarakat, berbangsa dan bernegara betapa banyak bentuk-bentuk nilai-nilai karakter yang harus diimpelementasikan. Peran yang penting ini tentu menjadi tantangan agar pendidikan karakter dapat dikelola dan dapat diaplikasikan dengan optimal oleh semua pihak. Berkaitan dengan pendidikan karakter untuk rumah yatim Arrohman masih memiliki permasalahan dalam pemahaman mengenai pengertian karakter, komponen-komponen karakter yang baik, nilai-nilai pendidikan karakter dan sikap karakter dalam membangun generasi muda pada umumnya  dan masih banyak nilai-nilai yang belum dilaksanakan secara maksimal dalam keseharian. Oleh karena itu, perlu adanya solusi dalam pendidikan karakter bagi rumah yatim Arrohman. Solusi yang dilakukan dengan memberikan pelatihan tentang pengetahuan pendidikan karakter sebagai salah satu sarana yang nantinya digunakan sebagai usaha bagi anak-anak rumah yatim Arrohman dengan lebih baik lagi ke depannya agar menjadi generasi emas. Tujuan dilaksanakannya kegiatan program kemitraan masyarakat (PKM) agar anak-anak yang ada di rumah yatim Arrohman Rawasari memiliki pemahaman terkait pendidikan karakter dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga terbentuk karakter yang lebih baik lagi. Metode yang diterapkan selama melaksanakan kegiatan ini diantaranya observasi untuk melihat gambaran mengenai kegiatan rumah yatim Arrohman dan mengidentifikasi permasalahan yang ada, sedangkan untuk tahap pelaksanaannya memberikan pelatihan dan pemahaman tentang pendidikan karakter dengan memberikan materi secara langsung. Kegiatan diakhiri dengan adanya evaluasi dan monitoring berupa pembagian kuesioner untuk peserta terkait pengabdian masyarakat. Hasil yang diperoleh setelah melaksanakan kegiatan PKM yaitu pemahaman dan pengetahuan peserta tentang pendidikan karakter menjadi meningkat yang terbukti setelah dilakukannya evaluasi dan pengisian kuesioner.

In everyday life, starting from the family environment, society, nation and state, there are many forms of character values that must be implemented. This important role is certainly a challenge so that character education can be managed and can be applied optimally by all parties. Regarding character education for Arrohman orphanages, there are still problems in understanding the meaning of character, the components of good character, the values of character education and character attitudes in developing the younger generation in general and there are still many values that have not been implemented optimally in daily life. Therefore, there needs to be a solution in character education for the Arrohman orphanage. The solution is done by providing training on character education knowledge as a means that will later be used as a business for the Arrohman orphanage children even better in the future so that they become the golden generation. The purpose of implementing community partnership program (PKM) activities is so that children in the Arrohman Rawasari orphanage have an understanding of character education and can apply it in their daily lives so that better character is formed. The methods applied during carrying out this activity include observation to see an overview of the activities of the Arrohman orphanage and identify existing problems, while the implementation stage provides training and understanding of character education by providing material directly. The activity ended with evaluation and monitoring in the form of distributing questionnaires to participants related to community service. The results obtained after carrying out PKM activities are that the participants' understanding and knowledge of character education have increased 26%, which is evident after evaluating and filling out questionnaires.

 

 

References

Ardiansyah, A. d. (2023). Penerapan Pendidikan Karakter Perspektif Islam Pada Gen Z Di Era Globalisasi. Fikrah : Journal Of Islamic Educatio, https://jurnalfai-uikabogor.org/index.php/fikrah/article/view/2453/pdf.

Bustan, R. &. (2017). Pelatihan Kiat Membangun Karakter Anak. J Al-Azhar Indones Seri Hum.

Dalyono, B. &. (2017). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Bangun Rekaprima.

Darman, R. (2017). Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. J Edik Inform Penelit Bid Komput Sains dan Pendidik Inform.

Hermini, A. (2015). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Psikologis Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Era Globalisasi Dan Multikultural. Jurnal Peradaban, https://peradaban.um.edu.my/index.php/PERADABAN/article/view/4732/2558.

Insani, N. F. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar dalam Upaya Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal Pendidik Tambusai, https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2402%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/2402/2094.

Restu, K. N. (2022). Pendidikan Berbasis Budaya Di Era Globalisasi. Journal of Elementary Education, https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/10798.

Rusmana, A. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Di SD. Journal Eduscience.

Sari, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan. Tarbawi.

Sri, M. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Journal Edification.

Sunandari, d. (2023). Perkembangan Era Digital Terhadap Pentingnya Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Journal On Education, https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/2161/1802.

Syarifah, S. (2023). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidik Profesi Guru Agama Islam, http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau.

Yanto, M. (2020). Manajemen Kepala Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Religius Pada Era Digital. Jurnal Konseling dan Pendidikan, https://server.iicet.org/jkp/index.php/jkp/article/view/463/292.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Susan Rachmawati, Yani Pramularso, E., Sari, I., & Syahyuni, D. (2024). Menciptakan Generasi Emas Melalui Pendidikan Karakter. Dharma: Bogor Journal of Community Service, 1(2), 27-33. https://doi.org/10.31294/dharma.v1i2.5030

Issue

Section

Articles