Penerapan Algoritma Klastering K-Means Untuk Fitur Atribut Pada Layanan Streaming Musik Spotify
DOI:
https://doi.org/10.31294/ijcs.v2i2.2465Keywords:
Data mining, Spotify, Lagu, K-means, Davies Bouldin IndexAbstract
Penelitian ini mencoba mencari fitur atribut pada track lagu yang memiliki jumlah paling banyak pada setiap lagu pada aplikasi spotify, sekaligus mencoba menerapkan metode klaster pada dataset yang diperoleh dari kaggle sebagai data pabrik. Spotify merupakan salah satu aplikasi streaming musik yang paling diminati oleh beberapa pendengar. Menggunakan algoritma k-means dan davies Bouldin Indeks(DBI) sebagai metode validasi dari hasil klastering k-means.Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah CRISP-DM sebagai standarisasi pengolahan data mining lintas industri yang dinilai cocok dalam melakukan penelitian dan proses data mining, dari melakukan pemahaman bisnis sampai melakukan tahap evaluasi. Hasil didapatkan dari penelitian berupa atribut yang berpengaruh pada lagu adalah instrumentalness dan valance terhadap lagu yang populer di aplikasi spotify serta atribut yang secara keseluruhan seimbang dari antar klaster adalah loudness. Dengan dataset lagu yang popularitas di atas 60, genre pop menjadi yang paling banyak dalam jumlah deretan lagunya. Pada percobaan klaster dengan menggunakan algoritma k-means serta evaluasi davies Bouldin indeks(DBI) memperoleh jumlah klaster yang dibagi menjadi 9 adalah yang paling optimal dari percobaan pembagian jumlah klaster dari 2 kelompok sampai 10 kelompok. Pada penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan aplikasi rapidminer sebagai alat bantu peneliti untuk melakukan pengujian dan perhitungan.
References
Alam, M. S., Rahman, M. M., Hossain, M. A., Islam, M. K., Ahmed, K. M., Ahmed, K. T., Singh, B. C., & Miah, M. S. (2019). Automatic human brain tumor detection in mri image using template-based k means and improved fuzzy c means clustering algorithm. Big Data and Cognitive Computi 3(2), 1–18. https://doi.org/10.3390/bdcc3020027
Dewatara, G. W., & Agustin, S. M. (2019). Pemasaran Musik Pada Era Digital Digitalisasi Industri Musik Dalam Industri 4.0 Di Indonesia. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(1). https://doi.org/10.32509/wacana.v18i1.729
Florez Ramos, E., & Blind, K. (2020). Data portability effects on data-driven innovation of online platforms: Analyzing Spotify. Telecommunications Policy, 44(9), 102026. https://doi.org/10.1016/j.telpol.2020.102026
Ignatius Moses Setiadi, D. R., Satriya Rahardwika, D., Rachmawanto, E. H., Atika Sari, C., Irawan, C., Kusumaningrum, D. P., Nuri, & Trusthi, S. L. (2020). Comparison of SVM, KNN, and NB Classifier for Genre Music Classification based on Metadata. Proceedings - 2020 International Seminar on Application for Technology of Information and Communication: IT Challenges for Sustainability, Scalability, and Security in the Age of Digital Disruption, ISemantic 2020, 12–16. https://doi.org/10.1109/iSemantic50169.2020.9234199
I Made Laut Mertha Jaya. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata (p. 232). Fira Husaini. https://books.google.co.id/books/about/Metode_Penelitian_Kuantitatif_dan_Kualit.html?id=yz8KEAAAQBAJ&redir_esc=y
Jollyta, D. W. R. M. Z. (n.d.). Konsep data ming dan penerapan.pdf.
Mukhid, A. (2021). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. In Syria Studies (Vol. 7, Issue 1). https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625
Pandya, M. (2023). Spotify tracks dataset. Kaggle. Diakses pada 23 Maret 2023. https://www.kaggle.com/datasets/maharshipandya/-spotify-tracks-dataset
Praveen, P., & Jayanth Babu, C. (2019). Big Data Clustering: Applying Conventional Data Mining Techniques in Big Data Environment. In Lecture Notes in Networks and Systems (Vol. 74). Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-13-7082-3_58
Prey, R., Esteve Del Valle, M., & Zwerwer, L. (2022). Platform pop: disentangling Spotify’s intermediary role in the music industry. Information Communication and Society, 25(1), 74–92. https://doi.org/10.1080/1369118X.2020.1761859
Schröer, C., Kruse, F., & Gómez, J. M. (2021). A systematic literature review on applying CRISP-DM process model. Procedia Computer Science, 181(2019), 526–534. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.01.199
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Ikhsan Firmansyah, Ramdhan Saepul Rohman, Eva Marsusanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.