Analisis Prediksi Persediaan Stok Barang Pada Toko Santi Fotokopi Menggunakan Algoritma Apriori Berbasis Website
DOI:
https://doi.org/10.31294/ijcs.v2i2.2508Keywords:
Algoritma Apriori, Stok Barang, Data MiningAbstract
Santi fotokopi merupakan retail ataupun toko yang menjual berbagai macam jenis alat tulis kantor dan juga sering melayani penggandaan dan penjilidan dokumen. Tetapi, Santi Fotokopi masih sering menggunakan catatan manual untuk melakukan proses prediksi pada barang yang akan di stok kembali namun karena seringnya terjadi kesalahan dalam pendataan membuat stok yang dilakukan sering tidak tepat sehingga toko Santi Fotokopi mengalami kerugian akan pencatatan stok secara manual. Dengan permasalahan pada Santi Fotokopi tersebut maka proses analisa untuk persediaan stok barang akan dilakukan dengan menggunakan teknik data mining yaitu algoritma apriori. Algoritma apriori adalah salah satu metode data mining yang penarikan kesimpulannya menggunakan aturan asosiasi sehingga menciptakan aturan jika dan maka dengan menggunakan nilai support dan confidence. Dalam proses analisis pada persediaan toko santi, nilai support dan confidence yang ditentukan sebesar 10% dan 60%. Hasil penelitian dengan menggunakan algoritma apriori menghasilkan 6 pola aturan asosiasi dimana yang paling tertinggi penjualan pada Kertas Binder dan Binder yang memperoleh nilai confidence sebesar 71,43%. Dengan penerapan algoritma apriori akan dapat memberikan solusi kepada Santi Fotokopi dalam melakukan penyetokan barang yang paling sering terjual pada toko tersebut. Penelitian ini juga dapat menggunakan algoritma lainnya agar sebagai perbandingan antara algoritma apriori dengan algoritma lainnya.
References
Anggraini, D., Putri, S. A., & Utami, L. A. (2020). Implementasi Algoritma Apriori Dalam Menentukan Penjualan Mobil Yang Paling Diminati Pada Honda Permata Serpong. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 4(2), 302. https://doi.org/10.30865/mib.v4i2.1496.
Azahari, S. *, & Yusnita, A. (2022). Prediksi Persediaan Bahan Baku Makanan Menerapkan Algoritma Apriori Data Mining. Technology and Science (BITS), 4(3). https://doi.org/10.47065/bits.v4i3.2563.
Azis, Y. (2022). JURNAL MEDIA INFORMATIKA [JUMIN] Analisis Asosiasi Rule Mining Dalam Rekomendasi Sparepart Pada Bengkel Service 227 Menggunakan Algortima CT-Pro. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jumin.
Dongga, J., Sarungallo, A. `, Koru, N., & Lante, G. (2023). Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Dalam Menentukan Persediaan Barang (Studi Kasus: Toko Swapen Jaya Manokwari). G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, 7(1), 119–126. https://doi.org/10.33379/gtech.v7i1.1938.
Erwansyah, K., Syahputra, T., & Triguna Dharma, S. (2021). PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENDAPATKAN PAKET PROMO PERLENGKAPAN PESTA MENGGUNAKAN ALGORITMAAPRIORI DI CELEBRATION PEAK. In Journal of Science and Social Research (Issue 2). http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR.
Harahap, F., Saragih, N. E., Situmeang, E. D. P., Tuti, E., Ginting, E., & Fahrozi, W. (2022). Implementasi Data Mining dalam Memprediksi Stok Herbal menggunakan Algoritma Apriori. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 6(2), 1159. https://doi.org/10.30865/mib.v6i2.3937.
Harahap, F., Saragih, N. E., Situmeang, E. D. P., Tuti, E., Ginting, E., & Fahrozi, W. (2022). Implementasi Data Mining dalam Memprediksi Stok Herbal menggunakan Algoritma Apriori. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 6(2), 1159. https://doi.org/10.30865/mib.v6i2.3937
Kumalasari, U. N., Gede, K., Putra, D., Putu, I., & Dharmaadi, A. (2020). Implementasi Algoritma Apriori untuk Menemukan Pola Pembelian Konsumen pada Perusahaan Retail. In JITTER-Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer (Vol. 1, Issue 2).
Kurniana, T., Lestari, A., & Oktaviyani, E. D. (2023). Penerapan Algoritma Apriori untuk Mencari Pola Transaksi Penjualan Berbasis Web pada Cafe Sakuyan Side (Vol. 3, Issue 1).
Nurhidayanti, D., Kurniawati, I., & Artikel, S. (2022). Implementasi Algoritma Apriori Dalam Menemukan Association Rules Pada Persediaan Sparepart Motor INFORMASI ARTIKEL ABSTRACT. INNOVATION IN RESEARCH OF INFORMATICS, 4(2), 62–67.
Prasetyo, A., Musyaffa, N., Sastra, R., Program, ], Sistem, S., Akuntansi Bogor, I., Studi, P., Komputer, T., Universitas, ], Sarana, B., Kampus Bogor, I., Stmik, ], & Mandiri, N. (n.d.). IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK ANALISIS DATA PENJUALAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS DAPOERIN’S) Program Studi Sistem Informasi [2]. VIII(2).
Salmon, S., Azahari, A., & Yusnita, A. (2022). Prediksi Persediaan Bahan Baku Makanan Menerapkan Algoritma Apriori Data Mining. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 4(3). https://doi.org/10.47065/bits.v4i3.2563.
Sani Syahputra, I., & Rafika Dewi, A. (n.d.). IMPLEMENTASI DATA MINING DALAM MENENTUKAN POLA ELEMEN FILM FAVORIT MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI.
Saputra, R., & Sibarani, A. J. P. (2020). Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat (Vol. 7, Issue 2). http://jurnal.mdp.ac.id.
Strategi, P. S., Barang, P., Promo, D., Latifah, V. N., Furqon, M. T., & Santoso, N. (2018). Implementasi Algoritme Modified-Apriori Untuk Menentukan Pola (Vol. 2, Issue 10). http://j-ptiik.ub.ac.id
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ahmad Zakir; Rosanti Daeli, Eka Rahayu, Edrian Hadinata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.