http://eprints.bsi.ac.id/index.php/jab/issue/feed Jurnal Administrasi Bisnis 2024-11-30T00:00:00+07:00 Fera Nelfianti jurnal.jab@bsi.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Administrasi Bisnis</strong> pertama publikasi tahun 2021 dengan ISSN (Elektronik) No <a title="eissn" href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20210417400445234" target="_blank" rel="noopener">2776-2807</a> dari LIPI Indonesia</p> <p><strong>Jurnal Administrasi Bisnis</strong> merupakan jurnal yang berisi hasil pemikiran atau penelitian pada bidang Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Produksi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasional, Manajemen Strategi, Administrasi Bisnis/Niaga, dan Kewirausahaan. </p> <p>Artikel yang dikirimkan harus memiliki sitasi primer dan tidak pernah dipublikasikan secara <em>online</em> atau versi cetak sebelumnya.</p> <p>Jurnal Administrasi Bisnis terbit 2 kali setahun (Mei dan November)</p> <p>Jurnal Administrasi Bisnis telah terakreditasi SINTA 4 dengan Nomor: 0547/E5/DT.05.00/2024 (<a title="SINTA" href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/11981" target="_blank" rel="noopener">https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/11981</a>) </p> http://eprints.bsi.ac.id/index.php/jab/article/view/3725 Consumer Behavior Generasi Z: Aspek E-wallet dan Financial literacy 2024-10-04T10:42:56+07:00 Reni Hariyani reni.hariyani@budiluhur.ac.id Tio Prasetio tio.prasetio@budiluhur.ac.id <p>Era disrupsi telah membawa perubahan pada perilaku masyarakat dalam kegiatan ekonomi dan bisnis di Indonesia. Dampaknya terhadap gaya hidup masyarakat yang semakin diberikan kemudahan, kecepatan dan promosi dari sebuah produk. Generasi Z, yang tumbuh dengan teknologi canggih &nbsp;di ujung jari telah menciptakan <em>consumer behavior </em>(perilaku konsumen) <em>Fear Of Missing Out</em> (FOMO). Didukung oleh adanya <em>e-wallet </em>(dompet elektronik) yang membantu mempermudah segala transaksi ekonomi. Hal ini memerlukan <em>financial literacy </em>(literasi keuangan) yang baik agar generasi Z dapat mengontrol diri dalam membelanjakan uang yang &nbsp;dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris pengaruh <em>e-wallet</em> dan <em>financial literacy</em> terhadap perilaku konsumen generasi Z. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah responden generasi Z sebanyak 400 orang. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa <em>e-wallet</em> mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap perilaku konsumen generasi Z. Sedangkan <em>financial literacy</em> berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen generasi Z. Nilai inovasi pada penelitian ini menggunakan proksi faktor internal (<em>financial literacy</em>) dan faktor eksternal (<em>e-wallet)</em> dalam meneliti variabel <em>consumer behavior</em>, menggunakan objek penelitian pada generasi Z yang berstatus mahasiswa, dan <em>consumer behavior</em> fokus pada kondisi FOMO generasi Z.</p> <p>&nbsp;</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Reni Hariyani, Tio Prasetio http://eprints.bsi.ac.id/index.php/jab/article/view/5699 Analisis Harga, Lokasi Usaha dan Kualitas Produk Terhadap Minat Membeli Ulang Mie Gacoan (Studi Kasus di Kota Jakarta Barat) 2024-10-23T11:26:04+07:00 Iwan Iwan iwan.iwx@bsi.ac.id Sopyan Sopyan sopyan.syp@bsi.ac.id Purwatiningsih Purwatiningsih purwatiningsih.pwt@bsi.ac.id <p>Tujuan pembuatan penelitian ini untuk menganalisis variabel harga, lokasi usaha, serta kualitas produk kepada niat beli ulang konsumen pada Mie Gacoan di Jakarta Barat. Faktor harga, lokasi usaha, dan kualitas produk dianggap sebagai variabel penting yang mampu mempengaruhi keputusan pelanggan dalam menentukan niat pembelian ulangnya. Penelitian yang dilaksanakan menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner diberikan secara online. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 109 responden yang merupakan konsumen Mie Gacoan. Data dianalisis menggunakan SmartPLS4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara harga dan kualitas produk terhadap minat beli ulang, Namun lokasi usaha tidak memberikan dampak yang signifikan. Faktoe yang paling dominan dalam memberikan dampak kepada minat membeli ulang konsumen adalah kualitas produk. Temuan mengindikasikan Mie Gacoan perlu mempertahankan kualitas produk serta memantau harga dipasaran agar dapat bersaing dengan kompetitorpenelitian ini mempunyai implikasi pentingnya menjaga standar kualitas produk dan memperhatikan strategi penetapan harga yang tepat untuk meningkatkan loyalitas pelanggan</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Iwan Iwan, Sopyan Sopyan, Purwatiningsih Purwatiningsih http://eprints.bsi.ac.id/index.php/jab/article/view/5238 Strategi Digitalisasi Pemerintah Daerah dalam Meningkatkan Kinerja UMKM Pasca Pandemi 2024-10-25T09:34:35+07:00 Rozalina Novianty rozalina.novianty@gmail.com Sangrila Puspita Dewi sangrilapuspita92@gmail.com Khoyrul Anwar khoyrula8@gmail.com <table> <tbody> <tr> <td> <p>Pandemi 2019 berdampak bagi produktifitas UMKM, terutama pada volume penjualan turun drastis dan terus menerus berlanjut sampai pasca Pandemi. Sehingga para pelaku UMKM harus bekerja ekstra keras untuk memastikan usaha mereka berjalan dengan baik, mulai dari produksi dan utamya terkait penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Pemerintah Kabupaten Ngawi dalam mengembangkan UMKM dengan memanfaatkan <em>Platform Digital</em>, memakai metode kualitatif deskriptif.&nbsp; Pengumpulan data meliputi: kegiatan observasi dilokasi penelitian, wawancara dengan narasumber yang berkompeten, serta studi pustaka.&nbsp; Teknik analisis data secara interaktif dan berlanjut hingga selesai. Hasil kajian menunjuukan bahwa Pemerintah Kabupaten Ngawi bekerja cukup efektif dalam memainkan perannya sebagai fasilitator, regulator, dan katalisator. Pemerintah sebagai fasilitator telah memberikan bantuan modal dan membuka akses permodalan serta penyediaan sarana prasaran uji lab gratis, juga meningkatkan kapasitas pelaku UMKM melalui pelatihan-pelatihan. Sebagai regulator, pemerintah telah menetapkan dan mengimplementasikan kebijakan untuk mendukung UMKM agar dapat bertahan dan produktif dalam bisnis. Dan sebagai katalisator, pemerintah telah membantuk Galeri Serena dalam rangka mewadahi UMKM dan pengurusan HAKI secara gratis.</p> </td> </tr> </tbody> </table> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Rozalina Novianty, Sangrila Puspita Dewi, Khoyrul Anwar http://eprints.bsi.ac.id/index.php/jab/article/view/5070 Pengaruh Keseimbangan Kehidupan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Kementerian Koordinator Pembangunan 2024-11-13T11:35:35+07:00 Tri Lestari tri.tle@bsi.ac.id Adrin Bilqis Ibtisamah bilqiisadrin72@gmail.com Dedi Damhudi dedi_damhudi@fe.unsada.ac.id <p>Penelitian ini menyoroti pentingnya keseimbangan kehidupan dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja pegawai Kemenko PMK, karena ketidakseimbangan kehidupan dan buruknya lingkungan kerja dapat menurunkan kepuasan kerja. Tujuan penelitian adalah memahami Pengaruh Keseimbangan Kehidupan Kerja juga&nbsp;Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Kemenko PMK. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Informasi&nbsp;digabungkan&nbsp;melalui daftar pertanyaan&nbsp;kepada 100 pegawai di unit biro umum dan sumber daya manusia. Sampel berjumlah 80 pegawai ditentukan menggunakan <em>simple random sampling. </em>Informasi&nbsp;diolah menggunakan SPSS versi 25. Sumber informasi mencakup informasi&nbsp;primer dari observasi dan daftar pertanyaan. Hasil riset&nbsp;mengungkapkan&nbsp;bahwa: Keseimbangan Kehidupan (X1) memiliki pengaruh positif siginifikan secara parsial terhadap Kepuasan Kerja Pegawai (Y) pada Kemenko PMK. 2) Lingkungan Kerja (X2) memiliki pengaruh positif siginifikan secara parsial terhadap Kepuasan Kerja Pegawai (Y) Kemenko PMK. 3.) Secara simultan, Keseimbangan Kehidupan (X1) dan Lingkungan Kerja (X2) memiliki pengaruh positif siginifikan terhadap Kepuasan Kerja Pegawai (Y) Kemenko PMK. Penelitian ini penting karena hasilnnya menunjukkan pengaruh positif dan siginifikan antara variabel independen dan dependen.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Tri Lestari, Adrin Bilqis Ibtisamah, Dedi Damhudi