Jurnal INSAN Journal of Information System Management Innovation http://eprints.bsi.ac.id/index.php/jinsan <p><strong>Jurnal INSAN (Journal of Information System Management Innovation)</strong> merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika. Jurnal INSAN terbit 2 kali setahun (Juni dan Desember) dalam bentuk elektronik.</p> <p><strong>Jurnal INSAN (Journal of Information System Management Innovation)</strong> pertama publikasi tahun 2021 dengan ISSN (Elektronik) No <a title="eissn" href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20210519081043026" target="_blank" rel="noopener">2777-1385</a> dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.</p> <p>Redaksi menerima naskah berupa artikel ilmiah dan penelitian pada bidang: <br />1. Bidang Sistem Terintegrasi (Integration System)<br />2. Bidang Penunjang Keputusan (Decision Support System)<br />3. Bidang Sistem Pakar(Artificial Intelegent) dan Data Science<br />4.Bidang Technopreneur(E-Business).</p> en-US eni.enf@bsi.ac.id (Eni Irfiani) hilda.ham@bsi.ac.id (Hilda Amalia) Thu, 27 Jun 2024 09:14:19 +0700 OJS 3.2.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Efektivitas Sistem Elektronik Parkir (E-Parking) Dalam Pengelolaan Parkir Pada PT. Link Parking Mandiri http://eprints.bsi.ac.id/index.php/jinsan/article/view/3219 <p>Kemacetan merupakan suatu persoalan yang cukup menjadi perhatian serius belakangan ini. Kemacetan yang terjadi bukan hanya disebabkan banyaknya kendaraan pribadi yang meningkat tetapi juga dikarenakan manajemen parkir yang buruk. Adanya elektronik parkir diharapkan dapat mengurangi parkir liar dan memiliki efek yang secara tidak langsung untuk mengurangi kemacetan. Penelitian ini mempunyai tujuan menganalisis seberapa besar efektifitas penerapan E-Parking berbasis elektronik pada PT Link Parking Mandiri menggunakan IT Balanced Scorecard. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jumlah Sampel dalam penelitian ini berjumlah 54 pelanggan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan kuesioner. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dari perspektif keuangan, penerapan sistem e parkir dalam pengelolaan parkir pada PT Link Parking Mandiri sudah efektif dengan pembobotan IT Balanced Scorecard sebesar 83% dan berada pada kategori baik. Berdasarkan perspektif pelanggan, penerapan sistem e parkir dalam pengelolaan parkir pada PT Link Parking Mandiri sudah efektif dengan pembobotan IT Balanced Scorecard sebesar 84% dan berada pada kategori baik. Berdasarkan perspektif proses bisnis internal, penerapan sistem e parkir dalam pengelolaan parkir pada PT Link Parking Mandiri sudah efektif dengan pembobotan IT Balanced Scorecard sebesar 84% dan berada pada kategori baik. Berdasarkan perspektif perbelajaran dan pertumbuhan, penerapan sistem e parkir dalam pengelolaan parkir pada PT Link Parking Mandiri sudah efektif dengan pembobotan IT Balanced Scorecard sebesar 83% dan berada pada kategori baik.</p> <p> </p> Isidorus Benediktus Nau Angi, Eni Irfiani Copyright (c) 2024 Angi Isidorus Benediktus Nau , Irfiani Eni https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://eprints.bsi.ac.id/index.php/jinsan/article/view/3219 Thu, 27 Jun 2024 00:00:00 +0700 Perancangan Aplikasi Penyedia Layanan Jasa dan Product di Bidang Informasi Teknologi ITMU http://eprints.bsi.ac.id/index.php/jinsan/article/view/3764 <p>Masih sedikitnya jumlah perusahaan yang menyediakan layanan perbaikan laptop atau komputer secara online dan terintegrasi. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah aplikasi yang mampu memberikan kemudahan dalam melakukan request service secara online dan memantau setiap proses perbaikan yang dilakukan.Tahap pengujian, dilakukan uji coba aplikasi untuk memastikan bahwa aplikasi dapat berjalan dengan baik dan memenuhi kebutuhan pengguna. Hasil dari skripsi ini adalah sebuah aplikasi startup yang memperkenalkan produk pembuatan aplikasi dan menyediakan layanan perbaikan laptop atau komputer secara online. Pengguna dapat melakukan request service, melihat harga service dan pergantian spare part, serta memantau setiap proses perbaikan yang dilakukan melalui fitur history dan log. Aplikasi ini juga memberikan kemudahan dalam melakukan kontak dengan perusahaan melalui halaman yang tersedia. Diharapkan aplikasi ini dapat memenuhi kebutuhan pengguna dalam memperoleh layanan perbaikan laptop atau komputer secara mudah dan terintegrasi.</p> <p>&nbsp;</p> Rizat Sakmir, Sanggayasa Sanggayasa, Khairul Rizal, Fattya Ariani Copyright (c) 2024 Rizat Sakmir, Sanggayasa Sanggayasa, Khairul Rizal, Fattya Ariani https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://eprints.bsi.ac.id/index.php/jinsan/article/view/3764 Wed, 07 Aug 2024 00:00:00 +0700 Analisis Kinerja Website E-Reporting Pada Kementerian Pertanian Menggunakan Metode PIECES http://eprints.bsi.ac.id/index.php/jinsan/article/view/2894 <p>Dikementerian pertanian direktorat Jendral Tanaman Pangan memiliki <em>website</em> <em>E-Reporting </em>yang bertujuan untuk menghitung dan melaporkan luas baku lahan sawah baik irigasi maupun non irigasi sehingga ada level desa/kelurahan yang dilaksanakan OLEH PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) dengan menggunakan jaringan layanan google maps, sehingga hasil bacaan dapat diterjemahkan dalam bentuk luasan lahan sawah yang cukup akurat. Analisis <em>website E-Reporting</em> menggunakan metode PIECES. Metode pengumpulan data dalam penyusunan skripsi adalah metode observasi, wawancara, dan studi pustaka. Tahapan analisis menggunakan metode PIECES. Dilihat dari Kinerja (<em>Performance</em>) aplikasi <em>website E-Reporting </em>kecepatan <em>loading time</em> belum termasuk katagori kurang baik karena masih mendapatkan <em>grade</em> D. Kekurangan yang lain terdapat pada <em>optimize images</em>, <em>leverage browser caching</em>. Dari informasi (<em>information</em>) <em>website E-Reporting </em>memberikan informasi yang sangat akurat, detail dan lengkap berdasarkan hasil wawancara penulis dengan salah satu karyawan Kementerian Pertanian. Dari pengendalian (<em>Control</em>) dikarenakan pengendalian yang dipakai penulis adalah pengendalian keamanan, maka keamanan <em>website E-Reporting </em>mendapatkan hasil sangat aman untuk digunakan. Penulis melakukan pengecekan menggunakan <em>Google Transparency Report. </em>Dari ekonomi (<em>Economic</em>) didapatkan hasil 4,1 yang berarti pengguna puas menggunakan <em>website E-Reporting</em>, Efisiensi (<em>Efficiency</em>) didapatkan hasil 4,1 yang berarti pengguna puas menggunakan <em>website E-Reporting</em>, dan layanan (<em>Service</em>) 4,27 yang berarti pengguna puas menggunakan <em>website E-Reporting</em> dilakukan dengan Metode Pieces.</p> Achmad Guntur Al Rizki, Yesni Malau Copyright (c) 2024 Achmad Guntur Al Rizki, Yesni Malau https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://eprints.bsi.ac.id/index.php/jinsan/article/view/2894 Fri, 09 Aug 2024 00:00:00 +0700 Perbandingan Metode Decision Tree dan Naive Bayes Pada Tingkat Penjualan Minuman Kopi di Kopi Pawon Nusantara http://eprints.bsi.ac.id/index.php/jinsan/article/view/3682 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan dua model klasifikasi, yaitu <em>Decision Tree</em> dan <em>Naive Bayes</em>, dalam konteks meningkatkan penjualan di Kopi Pawon Nusantara. Penelitian ini menggunakan data penjualan minuman kopi untuk memahami pola pembelian pelanggan. Pemilik Kopi Pawon Nusantara menghadapi tantangan dalam menentukan minuman kopi yang paling diminati oleh pelanggan mereka. Data yang digunakan berasal dari penjualan sebelumnya di Kopi Pawon Nusantara. Dua algoritma, <em>Decision Tree</em> dan <em>Naive Bayes</em>, dievaluasi untuk mengukur performanya menggunakan metrik seperti akurasi, presisi, <em>recall</em>, dan <em>area under curve </em>(AUC) dari kurva ROC. Hasil&nbsp; <em>Decision Tree</em> mencapai akurasi sebesar 97,83% dengan AUC 0,957. Sementara itu, <em>Naive Bayes</em> memiliki akurasi sebesar 94,35% dengan AUC 0,969. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman tentang metode klasifikasi mana yang paling cocok untuk menangani data penjualan Kopi Pawon Nusantara. Hasilnya diharapkan dapat digunakan sebagai dasar untuk penelitian lanjutan yang akan memilih metode klasifikasi yang tepat, baik dengan dataset yang sama maupun dengan metode klasifikasi yang berbeda.</p> Muhamad Iqbal, Siti Miskiyah, Said Luthfil Sham, Syaiful Anwar, Mohammad Haddiel Fuad Copyright (c) 2024 Muhamad Iqbal, Siti Miskiyah, Said Luthfil Sham, Syaiful Anwar, Mohammad Haddiel Fuad https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://eprints.bsi.ac.id/index.php/jinsan/article/view/3682 Mon, 12 Aug 2024 00:00:00 +0700 Transformasi Sistem Electronic Assessment Management Menggunakan Metode RAD Pada Direktorat Peningkatan Mutu Tenaga Kesehatan http://eprints.bsi.ac.id/index.php/jinsan/article/view/3613 <p><em>Training Needs Assessment</em> merupakan suatu proses yang dilakukan dalam penilaian kebutuhan pelatihan pada Direktorat Peningkatan Mutu Tenaga Kesehatan. Proses ini terkait dengan pengembangan sumber daya manusia yang ada di lingkungan Kementerian Kesehatan RI. Pada proses pengumpulan data dan penilaian TNA, ditmutunakes sering kali menghadapi sejumlah tantangan, seperti proses yang masih manual, ketidaksesuaian peserta, kurangnya data yang akurat, sulitnya mengidentifikasi prioritas kebutuhan pelatihan, serta kurangnya pemahaman admin dalam pengolahan data. Untuk itu, perancangan aplikasi ESEMA berbasis <em>web</em> menjadi solusi yang diusulkan. Aplikasi ini ditujukan guna memfasilitasi proses TNA tenaga kesehatan dengan lebih efektif dan efisien, sehingga dapat mengidentifikasi kebutuhan pelatihan yang diharapkan. Dalam prosesnya, <em>Rapid Application Development</em> menjadi metode pengembangan sistem yang digunakan dan dikombinasikan dengan bahasa pemrograman PHP. Dari transformasi sistem yang dilakukan, hasil yang diperoleh menyatakan bahwa aplikasi ESEMA sangat efektif dan mampu mengidentifikasi kebutuhan pelatihan, sehingga <em>gap</em> atau kesenjangan yang ada dapat dianalisa dengan baik.</p> Rahmad Dany, Sriyadi Sriyadi, Ginabila Ginabila Copyright (c) 2024 Rahmad Dany, Sriyadi Sriyadi, Ginabila Ginabila https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://eprints.bsi.ac.id/index.php/jinsan/article/view/3613 Wed, 21 Aug 2024 00:00:00 +0700 Analisa Tingkat Penjualan Makanan Dan Minuman Dengan Klasterisasi Menggunakan Algoritma K-Means http://eprints.bsi.ac.id/index.php/jinsan/article/view/3763 <p>Restoran Sumoboo merupakan salah satu restoran yang berfokus pada makanan dan minuman. Dalam mengelola bisnis restoran, penting untuk memahami pola penjualan dan mengoptimalkan stok bahan baku. Permasalahan umun yang terjadi pada Restoran Sumoboo saat ini adalah masih sulitnya menentukan item menu mana yang sering dicari atau dipesan oleh pelanggan. Sehingga, sering terjadinya penumpukan menu-menu yang kurang diminati dan habisnya makanan dan minuman yang sering dicari pelanggan. Penelitian ini bertujuan agar dengan memanfaatkan algoritma <em>K-Means </em>yang dilakukan dengan perhitungan manual dan menggunakan <em>tools RapidMiner</em>, menu-menu dapat dikelompokkan berdasarkan tingkat penjualannya. Hasil dari penelitian yang dilakukan ini mendaptkan 3 <em>cluster </em>yang terdiri dari <em>cluster </em>1(C0) tingkat penjualan tinggi sebanhyak 34 menu, <em>cluster </em>2(C1) tingkat penjuan sedang sebanyak 14 menu, dan <em>cluster</em> 3(C2) tingkat penjualan rendah sebanyak 25 menu. Sehingga hasil pengelompokkan ini memungkinkan restoran untuk membuat keputusan yang lebih akurat mengenai strategi penjualan.</p> Era Serly Ana, Syaiful Anwar, Mohammad Haddiel Fuad Copyright (c) 2024 Era Serly Ana, Syaiful Anwar, Mohammad Haddiel Fuad https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://eprints.bsi.ac.id/index.php/jinsan/article/view/3763 Fri, 06 Sep 2024 00:00:00 +0700