Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Peserta Pelatihan Pada BLK Komunitas Al-Minhaj Al-Islamy Menggunakan Metode SMART

Penulis

  • Siti Ainul Zahroh Sistem Informasi
  • Yusti Farlina
  • Resti Yulistria

Kata Kunci:

Metode SMART, BLK Komunitas, SPK

Abstrak

Dalam upaya pembangunan kemajuan, tenaga kerja yang berkualitas dan berkompetensi merupakan salah satu aspek terpenting dalam kemajuan bangsa. Oleh karena itu, dibutuhkanlah sebuah pelatihan untuk mengembangkan kualitas dan kompetensi kerja. BLK Komunitas Al-Minhaj AL-Islamy merupakan salah satu fasilitas pelatihan kerja untuk mengembangkan kompetensi kerja sesuai kebutuhan pembangunan dan pasar kerja. Dalam proses memilih peserta pelatihan yang lolos harus sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Namun, dalam proses pengambilan keputusan masih menggunakan gagasan masing-masing yang mengakibatkan kekeliruan dan proses keputusan yang kurang tepat sasaran. Sistem Penunjang Keputusan (SPK) menggunakan metode SMART dapat membantu tim seleksi dalam memilih peserta pelatihan dengan tepat sasaran. Metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique) merupakan sebuah teknik keputusan multi atribut. Teknik pengambilan keputusan multi atribut ini digunakan untuk mendukung pembuat keputusan dalam memilih beberapa alternatif dengan menggunakan beberapa kriteria. Pada metode ini, kriteria yang digunakan yaitu usia, pendidikan terakhir, hasil ujian tertulis dan hasil tes kesehatan mata. Dengan menggunakan metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique) dapat memberikan alternatif terbaik dalam pengambilan keputusan dengan didapatkan alternatif dengan nilai tertinggi yaitu Salman Al-Farisi dengan nilai 0,92 sebagai rangking pertama.

Referensi

S. M. Ulfha, A. Soemitra and Sugianto, "Analisis Efektivitas Peran BLK Komunitas dalam Upaya Meningkatkan Skill Tenaga Kerja Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam," Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, pp. 1496-1506, 2022.

D. A. Istiqomah, Y. Suyanto and S. Priyanta, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Peserta Pelatihan," Berkala MIPA, p. 289, 2018.

N. R. Hariyati, METODOLOGI PENELITIAN KARYA ILMIAH, Graniti, 2020.

M. Rosyidah and R. Fijra, Metode Penelitian, Deepublish, 2021.

N. Thoyibah, L. and A. Muchyan, "Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru Menggunakan Metode SMART (Studi Kasus : SD Luqman Al-Hikam, Surabaya)," Jurnal SISFOKOM (Sistem Informasi dan Komputer), p. 233, 2020.

R. Fahlepi, "DECISION SUPPORT SYSTEMS EMPLOYEE DISCIPLINE IDENTIFICATION USING THE SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE (SMART) METHOD," Journal of Applied Engineering and Technological Science, pp. 103-112, 2020.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-29

Cara Mengutip

Ainul Zahroh, S., Farlina, Y., & Yulistria, R. (2023). Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Peserta Pelatihan Pada BLK Komunitas Al-Minhaj Al-Islamy Menggunakan Metode SMART. Jurnal Larik Ladang Artikel Ilmu Komputer, 3(2), 57 - 64. Diambil dari http://eprints.bsi.ac.id/index.php/larik/article/view/2382

Terbitan

Bagian

Artikel