Pemanfaatan React Native Dan Firebase Untuk Pembuatan Aplikasi Jual-Beli Item Game Online
DOI:
https://doi.org/10.31294/larik.v2i1.958Kata Kunci:
React Native, Rocket League, Permainan, Android, FirebaseAbstrak
Rocket League adalah sebuah permainan multiplatform yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Psyonix, permainan ini bertemakan mobil-sepakbola, dimana pemain atau pengguna akan mengendalikan sebuah mobil untuk mengarahkan bola ke arah gawang musuh untuk memenangkan pertandingan. Rocket League menghadirkan fitur Trade, yaitu fitur yang memberikan akses untuk melakukan transaksi antar pengguna untuk dapat saling bertukar item yang berstatus tradable. Namun fitur ini memiliki beberapa keterbatasan yaitu pengguna pada dasarnya tidak dapat melihat item yang dimiliki pengguna lain ketika ingin mencari item yang diinginkan untuk melakukan pertukaran dalam permainan. Dengan membuat suatu aplikasi diharapkan dapat membantu user untuk memperjual belikan item pada permainan Rocket League yang sedang disiarkan antar pengguna di dalam aplikasi. Pembuatan Aplikasi di awali dengan implementasi dan uji coba aplikasi, dimana aplikasi dibuat dengan menggunakan kerangka kerja React Native kemudian dibantu dengan Platform Firebase pada bagian Backend-nya, serta Android Studio sebagai platform IDE. Dari Hasil pengujian yang telah dilakukan, Aplikasi dapat berjalan dengan tolak ukur pengujian minimal memiliki spesifikasi smarphone berkapasistas Ram 2GB dengan processor Exynyos 7870 Cortex A-53 2013.
Referensi
Verhoeven Y, Preuss M, “On the Potential of Rocket League for Driving Team AI Development”, SSCI, 2020.
Sonita A, Fardianitama RF, “Aplikasi E-Order Menggunakan Firebase Dan Algoritme Knuthmorris Pratt Berbasis Android,” Ejournal Unib, Vol V(2), 2018.
Wijonarko D, Aji RF, “Perbandingan Phonegap Dan React Native Sebagai Framework Pengembangan Aplikasi Mobile,” Ejournal STMIK Lombok, Vol 1(2), 2018.
Moroney L, “The Firebase Realtime Database”, Springer, 2017.
Al Riefqy D, “Analisis Perfomansi Service Worker Dengan Library React JS Studi Kasus : Web Pemeliharaan Mesin Pada Industri Kecil Menengah (IKM)”, Repository UnHas, 2019.