Jaring Help Aplikasi Management Bantuan Permasalahan Pada Pt Jaring Solusi Aplikasi
Keywords:
Information System, Ticketing Management, Model Prototype.Abstract
PT Jaring Solusi Aplikasi merupakan perusahaan swasta yang berfokus pada bidang software house yang memiliki tujuan untuk menghasilkan produk-produk aplikasi pada tataran platform serta aplikasi antar muka sebagai media atau alat yang dapat membantu pelanggan atau klien dalam menyelenggarakan tata kelola usaha dan komersial. PT Jaring Solusi Aplikasi menghadapi kesulitan dalam administrasi pada proses pencatatan data bantuan permasalahan yang masih dilakukan secara manual yaitu dengan menggunakan spreadsheet, sehingga proses pengerjaan yang berjalan kurang efektif. Menyulitkan pekerjaan khusunya pada monitoring status, memberikan informasi kepada pelanggan, dan evaluasi kinerja. Dari permasalahan yang sudah dipaparkan, penulis mencoba membuat pengembangan aplikasi berbasis web yaitu "Jaring Help" yang diharapkan dapat memperbaiki masalah ini dengan memfasilitasi pencatatan data, monitoring status, dan memberikan kemudahan akses informasi kepada pelanggan serta mendukung evaluasi kinerja. Proses pengembangan ini mengikuti metode System Development Life Cycle (SDLC) model prototype yang meliputi analisis kebutuhan, desain, pembuatan prototype, evaluasi pengguna, perbaikan prototype, implementasi, dan pengujian.
PT Jaring Solusi Aplikasi is a private company that focuses on the software house sector which aims to produce application products at the platform level as well as interface applications as media or tools that can help customers or clients in carrying out business and commercial governance. PT Jaring Solusi Aplikasi faces difficulties in administration in the process of recording problem assistance data which is still done manually, namely by using spreadsheets, so that the work process is less effective. Makes work difficult, especially monitoring status, providing information to customers, and evaluating performance. From the problems that have been described, the author tries to develop a web-based application, namely "Jaring Help", which is expected to improve this problem by facilitating data recording, monitoring status, and providing easy access to information for customers and supporting performance evaluation. This development process follows the System Development Life Cycle (SDLC) model prototype method which includes needs analysis, design, prototyping, user evaluation, prototype improvement, implementation and testing.
References
Bourque, P., & Fairley, R. E. (2014). Software Engineering Body of Knowledge. IEEE Computer Society.
Fraska, E. D., & Chotijah, U. (2023). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Tiket Keluhan Pelanggan PT. Jinde Grup Indonesia Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall. 6(5), 645-652.
Kurnaedi, Oktora, D., Dermawan, E., Nasrullah, E., Drajat, I., & Muhammad. (2022). Web-Based IT Helpdesk Ticketing System at PT. Dayacipta Kemasindo. bit-Tech, 5(2), 121-127.
Kurniyanti, V. A., & Murdiani, D. (2022). Perbandingan Model Waterfall Dengan Prototype Pada Pengembangan System Informasi Berbasis Website. 2(08).
Maharani, D., Helmiah, F., & Rahmadani, N. (2021). Penyuluhan Manfaat Menggunakan Internet dan Website Pada Masa Pandemi Covid-19. 1(1), 1-7.
Muharam, R., & Sulianta, F. (2023). Sistem Informasi Helpdesk It Perum Peruri Rahman. 5(2).
Ramadhani, Y., & Nasrah. (2019). Sistem Informasi Monitoring Dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (Apbd) Pada Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Soppeng. 2, 42-51.
Supriyanta, Wahyudi, T., & Widodo, P. (2022). Teknologi informasi & komunikasi : Memahami Perkembangan Sistem Komputer. Yogyakarta: CV Graha Ilmu.
Suri, G. P., Arifin, N. Y., & Larisang. (2024). Designing a Website Mockup for PT. XYZ Company Profile. Engineering and Technology International Journal (EATIJ) /Engineering and Technology International Journal (EATIJ), 6(01), 22-28.
Tarigan, Kusosi, R., Usri, I., & Andi. (2022). Perancangan Aplikasi Helpdesk Ticketing System Pada PT . Indonesia Nippon Seiki. 11, 9-18.
Wardhani, R. N., Utami, M. C., & Saputra, I. Y. (2020). Sistem Informasi Helpdesk Ticketing Pada Pt. Bank Mega Tbk. 22(2), 201-207.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rani Oktanti, Achmad NurFaizy, Nurul Hidayah, Rudianto Rudianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.