Penerapan Metode Waterfall Pada Perancangan Program Presensi Guru Mts Darul Amal Berbasis Website

Authors

  • Aunillah Kamil Rizqi Universitas Bina Sarana Informatika

Keywords:

Information and Communication Technology Development, Presence, Website, Waterfall, Black Box

Abstract

Pada Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi ini banyak digunakan untuk menyebarkan informasi secara cepat. Dengan perkembangan teknologi ini dapat dimanfaatkan dengan pembuatan sistem presensi guru berbasis Website. Walaupun perkembangan teknologi ini sangat cepat, namun di MTS Darul Amal masih melakukan presensi guru secara manual yaitu dengan kertas, yang dapat menyebabkan kehilangan dan kerusakan data. Serta membutuhkan banyak waktu dalam proses pengelolaan data presensi guru. Penelitian ini bertujuan merancang dan mengimplementasikan sistem presensi guru yang berbasis Website, dengan sistem ini dapat mempermudah mengelola data presensi guru dan kemanan data presensi guru terjaga dengan aman. Dengan menggunakan sistem presensi guru berbasis Website dapat mempercepat proses pengumpulan dan pengelolaan data presensi guru. Pada penelitian ini menggunakan metode Waterfall yang terdiri dari tahap analisis kebutuhan, desain, implementasi, pengujian dan pemeliharaan, dengan menggunakan metode ini dapat mengetahui tahapan pembuatan sistem presensi guru berbasis Website. Dengan menggunakan pengujian Black Box sistem presensi guru berjalan dengan baik. Hasil dari penelitian pembuatan sistem ini menghasilkan data presensi dengan cepat dan efisien serta dapat diakses dengan mudah oleh guru.

 

In The Development of Information and Communication Technology, it is widely used to disseminate information quickly. With the development of this technology can be utilized by making a Website-based teacher attendance system. Although the development of this technology is very fast, MTS Darul Amal still conducts teacher attendance manually, namely with paper, which can cause data loss and damage. And it takes a lot of time in the process of managing teacher attendance data. This research aims to design and implement a Website-based teacher attendance system, with this system it can make it easier to manage teacher attendance data and the security of teacher attendance data is maintained safely. Using a website-based teacher attendance system can speed up the process of collecting and managing teacher attendance data. In this study using the Waterfall method which consists of the stages of needs analysis, design, implementation, testing and maintenance, using this method can find out the stages of making a Website-based teacher attendance system. By using Black Box testing the teacher attendance system runs well. The results of this system development research produce attendance data quickly and efficiently and can be accessed easily by teachers.

 

Downloads

Published

2024-10-10

How to Cite

Kamil Rizqi, A. (2024). Penerapan Metode Waterfall Pada Perancangan Program Presensi Guru Mts Darul Amal Berbasis Website. Media Teknologi Dan Informatika, 1(3), 134-146. Retrieved from http://eprints.bsi.ac.id/index.php/mti/article/view/5718

Issue

Section

Articles