Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi Mobile Agoda Dalam Pemesanan Kamar Hotel Menggunakan Metode EUCS
Keywords:
User Satisfaction Analysis, Agoda Mobile Application, Hotel Booking, Online Travel Agent, End User Computing Satisfaction (EUCS)Abstract
Sistem informasi telah banyak digunakan pada berbagai bidang usaha, salah satunya usaha akomodasi perhotelan. B Fashion Hotel adalah salah satu hotel yang memanfaatkan sistem informasi dalam reservasi kamar hotel secara online dengan menggunakan sistem informasi reservasi kamar berbasis aplikasi mobile salah satunya yaitu Agoda. Agoda adalah salah satu aplikasi Online Travel Agent (OTA) yang memliki fitur layanan booking hotel untuk mempermudah pengguna menginap saat bepergian.Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kepuasan pengguna terhadap aplikasi mobile Agoda dan menguji variabel apa saja yang dapat mempengaruhi kepuasan pengguna aplikasi mobile Agoda di B Fashion Hotel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah End User Computing Satisfaction (EUCS) dan 2 variabel yang sudah ditambahkan peneliti lain yaitu perceived usefulness dan service. Dengan menggunakan Teknik pengambilan sampel sebanyak 85 responden untuk menjadi sampel penelitian dan populasi yaitu pengguna aplikasi mobile Agoda yang berada di B Fashion Hotel. Analisis data melalui PLS-SEM dengan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan pengguna aplikasi mobile Agoda berada pada kategori Puas dengan 7 hipotesis yang diuji. Dari 7 hipotesis terdapat 5 hipotesis yang diterima yaitu variabel content, accuracy, timeliness, perceived usefulness, dan service.Terdapat 2 hipotesis yang ditolak yaitu variabel format dan easy of use.
Information systems have been widely used in various business fields, one of which is the hotel accommodation business. B Fashion Hotel is one of the hotels that utilizes information systems in online hotel room reservations by using a mobile application-based room reservation information system, one of which is Agoda. Agoda is one of the Online Travel Agent (OTA) applications that has a hotel booking service feature to make it easier for users to stay while traveling. Therefore, this study aims to analyze user satisfaction with the Agoda mobile application and test what variables can affect user satisfaction with the Agoda mobile application at B Fashion Hotel. The method used in this research is End User Computing Satisfaction (EUCS) and 2 variables that have been added by other researchers, namely perceived usefulness and service. By using a sampling technique of 85 respondents to become research samples and the population, namely Agoda mobile application users at B Fashion Hotel. Data analysis through PLS-SEM with SmartPLS 3.0. The results of this study indicate that Agoda mobile application user satisfaction is in the Satisfied category with 7 hypotheses tested. Of the 7 hypotheses, there are 5 accepted hypotheses, namely the content, accuracy, timeliness, perceived usefulness, and service variables. There are 2 rejected hypotheses, namely the format and easy of use variables.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putri Ayu O Pasaribu, Cep Adiwihardja Cep Adiwihardja2
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.