Penerapan Finite State Machine Dalam Inteaksi Dialog Dalam Novel Game Forest Life

Penulis

  • Mustofa Mustofa Univerisitas Bina Sarana Informatika
  • Vadlya Maarif Univerisitas Bina Sarana Informatika
  • Achmad Novel Univerisitas Bina Sarana Informatika
  • Sunanto Sunanto Univerisitas Bina Sarana Informatika
  • Chandra Kesuma Univerisitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/coscience.v2i2.1291

Kata Kunci:

novel game, finite state machine, education

Abstrak

Kehidupan manusia yang semakin kompleks di era penuh teknologi saat ini, kerap kali membuat manusia merasa lelah dan penat dalam beraktifitas. Tentu saja kehadiran teknologi ini juga memberikan jawaban dengan mengadirkan ragam hiburan yang semakin kreatif dan variatif seperti layanan video streaming, sosial media, komik online, internet, video game dan masih banyak yang lainnya. Diantara sekian banyak hiburan yang cukup diminati, video game merupakan salah satu hiburan yang konsisten menjadi pilihan utama. Game saat ini sangat diminati dan sudah sangat meluas pada semua kategori usia khususnya remaja. Namun saat ini video game yang beredar di dalam negeri mayoritas berasal dari luar dan minim akan edukasi. Untuk itulah perlunya literasi pembuatan game yang mudah dibuat namun tetap seru untuk dimainkan serta memiliki unsur edukasi. Penelitian ini mencoba untuk membubuat novel game yang sederhana dengan memanfaatkan finite state machine dalam mempermudah perancangan alur ceritanya. Dengan menggunakan finite state machine perancangan alur cerita video game menjadi lebih cepat dan mudah.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-28

Terbitan

Bagian

Articles