Rancangan Kansei Engineering System (KES) untuk Optimasi Hasil Pencarian Berdasarkan Kategori Emosi

Penulis

  • Euis Nurlaelasari Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Eko Pramono Univerisitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/coscience.v3i1.1795

Kata Kunci:

Analytical Hierarchy Process, Kansei Engineering System, Kansei Type II

Abstrak

Desain dari sebuah produk akan sangat mempengaruhi ketertarikan seseorang pada produk tersebut, sekaligus akan memberikan gambaran mengenai kesan terhadap produk tersebut. Kansei Engineering merupakan sebuah metode penentuan desain produk berdasarkaan perasaan atau emosi. Desain dari produk akan diterjemahkan kedalam emosi yang dimiliki manusia. Sebuah piring berwarna cerah dengan bentuk bunga bisa diinterpretasikan sebagai emosi yang ceria. Hal tersebut membuat manusia memiliki keterikatan dengan produk karena hubungan emosi. Oleh karena itu, pada penelitian ini akan mengimplementasikan metode kansei engineering untuk produk di e-commerce. Tujuan tersebut dilatarbelakangi oleh tren e-commerce yang masih akan terus berkembang kedepannya. Hasil dari penelitian ini berupa rancangan sistem Kansei untuk melakukan pencarian produk pada katalog e-commerce berdasarkan emosi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dapat menyusun algorima pencarian produk terbaik berdasarkan emosi dan perancangan sistem Kansei dengan fungsi utama pencarian produk berdasarkan emosi. Berdasarkan hasil yang telah didapat, penelitian selanjutnya diharapkan dalam menggunakan suatu algoritma tertentu untuk meng-otomatisasi proses pengolahan knowledge base yang sangat dibutuhkan pada KES.

Referensi

Gumulya, D., & Nastasia, P. (2016). KAJIAN TEORI EMOTIONAL DESIGN. Jurnal Dimensi Seni Rupa Dan Desain, 12(2), 121–146. https://doi.org/10.25105/dim.v12i2.41

Hadiana, A. (2017). Interface modeling for mobile learning using kansei engineering and analytical hierarchy process. 2017 International Conference on Computer, Control, Informatics and Its Applications (IC3INA), 153–157. https://doi.org/10.1109/IC3INA.2017.8251758

Hadiana, A. (2020). Emotional Preferences Towards E-Learning Based on Analytic Hierarchy Process and Kansei for Decision Making. European Journal of Engineering Research and Science, 5(10), 1186–1190. https://doi.org/10.24018/ejers.2020.5.10.2127

Hadiana, A., & Abdurrohman. (2018). Analysis of Customers’ Emotional Preferences Using Kansei Engineering and AHP. Proceedings - 2018 4th International Conference on Science and Technology, ICST 2018, 1, 1–5. https://doi.org/10.1109/ICSTC.2018.8528675

Khean, N., Sivaji, A., & Mohamad, M. (2013). Kansei engineering for e-commerce sunglasses selection in. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 97, 707–714. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.291

Liu, Z., Wu, J., Chen, Q., & Hu, T. (2023). An improved Kansei engineering method based on the mining of online product reviews. Alexandria Engineering Journal, 65, 797–808. https://doi.org/10.1016/j.aej.2022.09.044

Maiocchi, M. M., & Shafieyoun, Z. (2022). Emotional Design. In Research for Development. https://doi.org/10.1007/978-3-030-99846-2_1

Marimin, & Maghfiroh, N. (2011). Aplikasi Teknik Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Rantai Pasok. January 2010.

Nagamachi, M. (2016). Kansei / Affective Engineering and History of Kansei / Affective Engineering in the World. November. https://doi.org/10.1201/EBK1439821336-2

Ramanathan, R., Abdullah, L., Md Fauadi, M. H. F., Syed Mohamed, M. S., & Kamaludin, K. N. (2023). A Hybrid of Kansei Engineering (KE) And Analytical Hierarchy Process (AHP) to Develop Conceptual Designs of Portable Oil Spill Skimmer. IIUM Engineering Journal, 24(1), 183–198. https://doi.org/10.31436/iiumej.v24i1.2426

Xue, L., Yi, X., & Zhang, Y. (2020). Research on optimized product image design integrated decision system based on Kansei engineering. Applied Sciences (Switzerland), 10(4), 1–20. https://doi.org/10.3390/app10041198

Zhou, X., Liang, H., & Dong, Z. (2017). A personalized recommendation model for online apparel shopping based on Kansei engineering. International Journal of Clothing Science and Technology, 29(1), 2–13. https://doi.org/10.1108/IJCST-12-2015-0137

Zuo, Y., & Wang, Z. (2020). Subjective Product Evaluation System Based on Kansei Engineering and Analytic Hierarchy Process. Symmetry, 12(8), 1340. https://doi.org/10.3390/sym12081340

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-31

Terbitan

Bagian

Articles